Home Advertorial Loekman Harapkan Embung Tanjunganom Tempat Wisata Alternatif

Loekman Harapkan Embung Tanjunganom Tempat Wisata Alternatif

52
0
SHARE
Loekman Harapkan Embung Tanjunganom Tempat Wisata Alternatif

LAMTENG, ANTARIKSANEWS.COM-- Wakil Bupati (Wabup) Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto berharap, agar keberadaan Embung (Danau), yang ada di Kampung Tanjunganom, Kecamatan Terusan Nunyai, dapat dikelola dengan baik, sehingga menjadi tempat lokasi wisata alternatif.

 “Embung ini bisa menjadi tempat wisata yang menarik, bahkan kalau saya lihat bisa menjadi tempat wisata faforit, khususnya bagi masyarakat Lampung Tengah,” ujar Wabup, Kamis (30/8/2018).

 Ditambahkannya, embung Tanjunganom ini tempat sangat strategis, selain akses jalan sudah baik dan tidak jauh, sangat cocok juga untuk wisata alam. Melalui Dinas Pariwisata, Wabup Loekman berjanji akan memberikan bantuan, untuk melengkapi fasilitas yang masih kurang, tujuannya agar para pengunjung lebih nyaman.

Pemkab Lamteng, imbuh Wabup lagi, pada tahun lalu telah menebar bibit ikan jelabat sebanyak 10 ribu ekor, selain sebagai upaya untuk mengembangbiakkan ikan jenis ini, yang keberadaannya mulai langka, juga dapat dijadikan sebagai lokasi pemancingan, yang dapat dikelola oleh Kampung Tanjunganom.

Kepala kampung (Kakam) Tanjunganom, Wasis mengatakan, semula embung yang memiliki luas sekitar 8 Km, masih berupa semak belukar tak bertuan, yang dijadikan sebagai tempat maksiat. Namun dengan keberanian aparat pamong kampung bersama-sama dengan masyarakat, mulai mencoba dan mengelolanya, berubah jadi lokasi tempat wisata.

 “Awalnya sulit untuk merubah jadi tempat wisata, dengan bersama masyarakat terus melakukan perbaikan, menjaga kebersihan dan membuat fasilitas sederhana. Akhirnya terwujud sebagai salah satu tempat wisata alternatif,” ujarnya.

Saat ini embung tersebut telah dikelola oleh kampung, melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUM-Kam), dengan suntikan dana ADD, diharapkan dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Kampung (PAK), yang pengelolaannya akan berputar untuk usaha pengembangan ekonomi kreatif. (Adv)