•  
Alamat Redaksi : Jl. Kelapa 7 Bandar Jaya Barat - Lampung Tengah, Telp. (HP) 082377881555 / 08996799444, Email redaksi@antariksanews.com.
Jumat, 19 Februari 2016 - 13:22:41 WIB

Lampung Tengah Harumkan Nama Indonesia Dikancah Dunia Lewat Tari ITTAR MULLEi


Diposting oleh : Administrator
Kategori: Advertorial - Dibaca: 17678 kali

LAMPUNGTENGAH, ANTARIKSANEWS.COM “Contest Folklore- International Art Festival in Catalonia- Spain 2016 merupakan pertunjukan kebudayaan rakyat yang kaya akan unsur etnich dan Tradisional, yang diadakan setiap 2 ( Dua ) Tahun sekali dan tahun 2016 merupakan event ke 21 sejak pertama diadakan pestival ini,   Pemerintah Spanyol khususnya kota Barcelona bekerjasama dengan The Spanish Festival Committee FIESTALONIA  MILLENIO dan kota Llorect de Mar ( Spain, Costa Brava ). 

 

Festival yang dihadiri oleh beberapa Negara antara lain Spanyol, Perancis, Georgia, Turki, Israel,  Kanada, dan beberapa Negara Eropa Timur dan Asia salah satunya adalah Indonesia.

Kabupaten Lampung Tengah dengan keanekaragam budaya yang khas khususnya Seni Tari dan Musik, kali ini menjadi salah satu peserta yang diundang untuk mewakili Propinsi Lampung khususnya mewakili Indonesia dalam Pesta Budaya Rakyat Internasional yang diadakan setiap tahun oleh Negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa.

Untuk melestarikan Kebudayaan tersebut Pemerintah kabupaten Lampung Tengah, ikut andil mengirimkan peserta mewakili Indonesia dalam ajang “Contest Folklore- International Art Festival in Catalonia- Spain 2016 .

Para kontingen berangkat dari kabupaten lampung tengah pada tanggal 5 Februari dan tiba di Spanyol pada 6 febriuari 2016. Puncak acara tersebut dibuka pada tanggal 8 Februari 2016. Dalam ajang tersebut,  kontingen Lampung Tengah diwakili 5 penari dan 1 Pelatih, 1 tata rias serta 5 anggota dan Ketua rombongan. Dalam acara tersebut Pemkab. Lamteng yang mewakili Indonesia menampilkan tarian tradisional khas Lampung, yaitu tari Ittar Mullei.



Menurut  Hi. MAS  YUNADA, SP. MM. selaku wakil ketua rombongan yang juga kepala Dinas Porabudpar Lampung Tengah, mengatakan, , persiapan para peserta memang tidak sempurna, sebab, tenggang waktu dari pemberitahuan hanya 1 bulan,” Kita terima surat resmi itu tanggal 28 desember 2015. Sedangkan tanggal 8 februari kita sudah pentas di spanyol. Tapi Alhamdulillah kita juara walau persiapan seadanya. Kita bias membawa Kabupaten Lampung Tengah ke mata dunia mewakili Indonesia,” jelasnya.

Untuk persiapan, lanjutnya, Disporabudpar membuat aransemen lagu Khas Lampung Tengah yaitu, Music Klitang Klikuk. “Music ini merupakan music khas kabupaten lampung tengah, yang buatnya juga orang disporabudpar kok,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan, penampilan para peserta disambut antusias penonton dan dewan juri. Atraksi tarian-tarian ini dianggap sangat menarik dan hidup. Juri terpukau pada saat para peserta remaja ini mementaskan tari Saman yang indah dan amat dinamis.  Tari Saman tergolong sulit karena butuh kekompakan gerak para penari-penarinya

“Penampilan tari  ITTAR Mullei juga mendapat apresiasi yang luar biasa, karena gerakan para penari  ini terlihat begitu lentur dan alami,” ujarnya.

Atas kemenangannya, tim Indonesia berhak mendapatkan piala kehormatan.“Penampilan terbaik dari para penari dari sanggar ini ikut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ujar Mas Yunada bangga.  (ADV)

 



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)