•  
Alamat Redaksi : Jl. Kelapa 7 Bandar Jaya Barat - Lampung Tengah, Telp. (HP) 082377881555 / 08996799444, Email redaksi@antariksanews.com.
Selasa, 15 Mei 2018 - 21:34:46 WIB

Rumput Odot Jadi Solusi Para Peternak Kambing Dan Sapi Saat Menghadapi Musim Kemarau


Diposting oleh : Administrator
Kategori: Mesuji - Dibaca: 11 kali

ANTARIKSANEWS.COM, Mesuji_ Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mesuji mendapat Alokasi Bantuan dari Dinas Pertanian dan Perternakan Provinsi Lampung yaitu TP (Tugas Pembantu) berupa bibit rumput odot tahun anggaran 2017, Sebanyak 100.000 stek bibit rumput odot dan di bagi kepada 5 kelompok tani di Kabupaten Mesuji masing masing kelompok menerima sebanyak 20.000 stek.

Kelompok penerima berasal dari 2 kecamatan yaitu kecamatan way serdang, desa suka agung,  desa tri tunggal jaya dan desa margo bakti. Kecamatan tanjung raya meliputi desa mekar sari dan desa mekar jaya.

Ibnu Widodo S. Pt Kasi Budi Daya  Pengembangan Ternak dan Binus mewakili Joni Hendri Kepala Bidang Peternakan mesuji mengatakan bahwa keunggulan rumput odot ini tahan dalam cuaca kemarau. Dan tidak menyulitkan para peternak mencari pakan untuk kambing saat musim kemarau tiba.

"Rumput Odot tahan saat musim kemarau jadi, para peternak tidak akan sulit mendapatkan pakan. Karena biasanya musim kemarau daun sulit untuk dicari dan lebih mudah di bandingkan dengan daun singkong tidak perlu jemur dulu bisa langsung kita berikan, " ujar Ibnu di ruang kerjanya (15/05/2018).

Lebih lanjut dikatakan Ibnu Keunggulan rumput odot diantaranya adalah pertumbuhannya cepat, mudah dibudidayakan, serta teksturnya lembut. Untuk pemanenan pertama sekitar 60-80 hari (batang sampai ukuran 30-40cm) dan untuk pemanenan berikutnya bisa 35-45 di musim penghujan atau 40-50 hari di musim kemarau.

"Dengan adanya bantuan TP (Tugas Pembantu) dari provinsi bisa membantu para petani serta masa panennya pun tergolong singkat. Mudah mudahan bisa membantu para peternak menjelang hari raya idul adha nanti dan bisa menjual hasil ternak dengan memuaskan," jelasnya.

Adapun keunggulan dari rumput odot sebagai berikut:

1. Pertumbuhan cepat (rumput odot dapat dipanen setelah 60 hari setelah penanaman pertama).

2. Mudah dibudidayakan (rumput odot dapat ditanam di dataran tinggi ataupun rendah).

3. Tekstur lembut (daunnya lentur dan tidak menimbulkan gatal). (Iqbal).



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)