•  
Alamat Redaksi : Jl. Kelapa 7 Bandar Jaya Barat - Lampung Tengah, Telp. (HP) 082377881555 / 08996799444, Email redaksi@antariksanews.com.
Selasa, 05 Desember 2017 - 09:32:31 WIB

Dua Jurnalis Senior Lampung, Berikan Kursus Singkat ke Nominator Lomba Menulis Esai


Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bandar Lampung - Dibaca: 9 kali

ANTARIKSANEWS.COM ,BANDARLAMPUNG--- Sejumlah nominator dan peserta Lomba Menulis Esai, hingga masyarakat umum. Mengikuti kursus singkat menulis (coaching klinik), yang dipandu langsung oleh jurnalis senior Oyos Saroso HN dan Budisantoso Budiman dari LKBN Antara Biro Lampung, di Mall Boemi Kedaton (MBK), Bandarlampung, Senin (4/12)

Kurus menulis singkat yang merupakan puncak rangkaian acara dari kegiatan tri lomba Lampung Terus Membangun ini, juga memberikan kesempatan kepada para nominator untuk sedikit bercerita dihadapan dewan juri alasan dan tujuan mereka mengikuti kegiatan lomba.

Diketahui, dari beberapa nominator berasal dari latar belakang yang berbeda-beda di Provinsi Lampung, mulai dari guru, mahasiswa, peneliti, Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga pelajar.

Dalam pemaparannya, Oyos menjelaskan, bahwa peniliaan para juri terhadap naskah para peserta, dilakukan dengan

mengedepankan kualitas tulisan. Para juri terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari akademisi, jurnalis, pengamat ekonomi, dan dari Pemprov Lampung.

"Kami punya sudut pandang masing-masing. Tapi, kami punya standar penilaian, yakni kesesuaian judul dengan isi, pemilihan kata atau diksi, dan kedalaman penulis menggali tema," kata Oyos.

Sementara itu, Budisantoso Budiman, lebih menjelaskan mengenai teknik penulisan artikel ilmiah yang meliputi kerangka tulisan, pedoman penulisan, dan lain sebagainya.

"Banyak kelemahan tulisan adalah dari aspek bahasanya. Penulis tidak bisa membedakan mana yang harus dikasi tanda petik, tanda koma, penggunaan huruf kapital dan lainnya. Karena kelihatan sekali, banyak karya tulisan yang masuk, bahasanya amburadul," papar Budi.

Seperti diketahui, tri Lomba Lampung Terus Membangun terdiri dari Lomba Menulis Esai, Lomba Foto, dan Lomba Konten Positif, yang bertemakan "Lampung Terus Membangun". Para pemenang lomba akan diumumkan malam nanti pada acara puncak, di Mall Boemi Kedaton. 

Rangkaian acara hari ini, selain pelatihan menulis esai, akan ada Coaching Clinic Fotografi yang bersama Arbain Rambey, Jurnalis dan Fotografer Nasional. Selain tiu ada juga Bedah Medsos Video Instagram oleh Rizky Anugerah dari @lampunginsta dan Ale @lampung_kuliner.

Acara juga akan dimeriahkan dengan gelaran fashion show dari Tapis Art Collection bertajuk Tapis Zaman Now. Pengunjung juga akan disajikan kopi robusta Lampung secara gratis, dan berbagai doorprize.(Hr)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)