•  
Alamat Redaksi : Jl. Kelapa 7 Bandar Jaya Barat - Lampung Tengah, Telp. (HP) 082377881555 / 08996799444, Email redaksi@antariksanews.com.
Jumat, 28 Juli 2017 - 19:48:55 WIB

Dendi Berharap Dalam Kegiatan Lomba Ini Sungguh Menampilkan Dan Menginginkan Desa Gunung Rejo Menjad


Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pasawaran - Dibaca: 50 kali

PESAWARAN, ANTARIKSANEWS.COM--- Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memberikan Apresiasi yang luar biasa kepada masyarakat gunung rejo, yang dalam kegiatan lomba ini sungguh menampilkan dan menginginkan desa gunung rejo menjadi juara.

 

"Terimakasih kepada Gubernur Lampung karena telah diberikan kepercayaan untuk mewakili Provinsi Lampung, semua ini tak lepas dari keinginan masyarakat gunung rejo dalam berkeinginan mencapai masyarakat yang maju dan sejahtera." Kata Dendi. 

 

Lebih lanjut,  Dendi menjelaskan tahun lalu Provinsi lampung mendapat juara 1 desa tingkat regional I wilayah sumatera yakni desa Hanura. "Juara ini bukanlah juara giliran,  tetapi siapa yang terbaik itulah yang pantas juara. Mungkin banyak desa lain yang punya keunggulan, namun desa gunung rejo termasuk desa yang mandiri, memiliki pola kehidupan yang sehat,  produksi sayur mayur,  pemanfaatan lahan,  serta produksi yang mampu dimasyarakatkan ditengah masyarakat." jelasnya. 

 

Kepala desa gunung rejo Suranto menjelaskan desa gunung rejo memiliki nuansa pedesaan yang berada di atas 440 m2 diatas laut. Ia menuturkan bahwa desa gunung rejo merupakan desa yang memiliki kebiasaan bergotong royong dan melakukan musyawarah setiap tahunnya. Selain itu, terdapat produk unggulan di desa gunung rejo seperti Jamu herbal, pemanfaatan pekarangan rumah melalui kreasi dari masyarakat, terdapat listrik melalui pemanfaatan air, pemanfaatan wadah limbah sebagai media tanam, terdapat air terjun yang dikelola badan udaha milik desa dan kelompok masyarakat, keamanan masyarakat, tabungan masyarakat desa, serta terdapat Call center untuk kesehatan masyarakat. "Ini semua dilakukan seluruh masyarakat untuk menggerakkan dan memajukan desa. Mungkin ini desa ini berada di pegunungan, tetapi kami ingin menjadi kebanggaan desa bagi Indonesia,  khususnya Lampung."Kata. 

 

Lebih lanjut, Suranto menjelaskan di desa gunung rejo juga terdapat IT yang menjadi salah satu keunggulan desa untuk kemajuan desa,  seperti adanya website dan media sosial seperti youtube dan facebook. "IT ini digunakan sebagai media dalam mendapatkan informasi dari kementerian, berkomunikasi dengan desa lainnya, Serta menjadi informasi bagi kami dalam berbagi informasi kepada masyarakat Lampung, Indonesia bahkan Mancanegara."Ujarnya. 

 

Sementara itu,  Ketua tim penilai lomba desa tingkat regional I wilayah sumatera Dervi Diana menjelaskan pelaksanaan tahapan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yaitu klarifikasi lapangan dalam rangka penilaian lomba desa dan kelurahan, hal ini didukung melalui peraturan mendagri no 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa beserta pedoman pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tahun 2017. "Terimakasih dan apresiasi terhadap jajaran pemerintah Provinsi Lampung yang telah berjuang keras dalam melaksanaan perlombaan desa dan kelurahan. Desa gunung rejo merupakan desa yang telah lolos dan masuk dalam 5 besar di regional I wilayah Sumatera, yakni Lampung, Sumatera Barat,  Sumatera Selatan,  Kepuluan Riau dan Bangka Belitung." Jelasnya. 

 

Dervi menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mendorong pemerintah desa dan keluruhan untuk mengenali,  mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada,  serta usaha dan prlaksanaan pembangunan yg dilaksanakan desa atas dasar kekuatan dan tekad sendiri, Mengetahui capaian desa selama 1 tahun dalam mewujudkan kualitas hidup masyarakat Sebagai apresiasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada pemerintah desa atas prestasi yan dicapai.

 

 

Selanjutnya Penilaian dilaksanakan berdasarkan lampiran pada peraturan menteri 81 tahun 2015 tentang instrumen pemantauan, instrumen pengungkapan data dan penilaian desa dan kelurahan serta laporan ebaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Klarifikasi berdasarkan oengamatan ecaluasi secara langsung terhadap penyelenggaraan administrasi pemerintahan, kinerja pemerintahan,  pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan untuk menghimpun data dan informasi yang akurat.

 

 

 

 

Mendorong laju pembangunan hingga ke pelosok desa-desa merupakan salah satu komitmen yang terus dibangun oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Di Tahun 2016, Desa Hanura Kabupaten Pesawaran  berhasil meraih juara 1 Lomba Desa Tingkat Regional I Wilayah Sumatera dan tahun ini kembali lagi Lampung menjadi salah satu nominator dalam Lomba Desa Tingkat Regional I Wilayah Sumatera.

Ketua Tim Panitia Lomba Desa Tingkat Regional I Wilayah Sumatera Dervi Diana mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kerja keras jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Pesawaran dalam mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat regional I wilayah sumatera.

 

Diketahui, sebelumnya Desa Hanura Kabupaten Pesawaran berhasil meraih Juara 1 Lomba Desa Tingkat Regional I Wilayah Sumatera Tahun 2016. Tahun ini Provinsi Lampung diwakili Desa Gunung Rejo Kacamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran berhasil lolos dan masuk dalam 5 besar dalam Lomba Desa Tingkat Regional I Wilayah Sumatera Tahun 2017.

 

"Terimakasih dan apresiasi terhadap jajaran pemerintah Provinsi Lampung yang telah berjuang keras dalam mengikuti perlombaan desa dan kelurahan. Desa Gunung Rejo merupakan desa yang telah lolos dan masuk dalam 5 besar di regional I wilayah Sumatera, yakni Lampung, Sumatera Barat,  Sumatera Selatan,  Kepulauan Riau dan Bangka Belitung," Jelasnya. 

 

Dervi berharap lomba ini dapat mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk mengenali,  mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada,  serta usaha dan pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan desa atas dasar kekuatan dan tekad sendiri. "Perlombaan ini sebagai apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atas prestasi yang dicapai", jelas Dervi.

 

Sementara Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Pemerintahan  Hukum dan Politik Theresia Sormin menjelaskan salah satu program kerja Pemerintah Provinsi Lampung ialah dengan menitikberatkan pembangunan masyarakat pedesaan. Sehingga hal ini akan mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang merata  di Provinsi Lampung.

 

Pihaknya berharap Desa Gunung Rejo mampu mendapat nilai yang tinggi dalam lomba desa tingkat regional I wilayah Sumatera sehingga menjadi tolak ukur untuk menjadi lebih baik dalam memajukan dan memberdayakan desa menuju pembangunan masyarakat yang maju dan sejahtera. 

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengapresiasi dukungan yang diberikan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dan masyarakat Desa Gunung Rejo dalam mengikuti Lomba Desa Tingkat Regional I Wilayah Sumatera.

"Terimakasih kepada Gubernur Lampung karena telah diberikan kepercayaan untuk mewakili Provinsi Lampung, semua ini juga tak lepas dari keinginan masyarakat gunung rejo dalam berkeinginan mencapai masyarakat yang maju dan sejahtera." Kata Dendi.(Red) 



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)