•  
Alamat Redaksi : Jl. Kelapa 7 Bandar Jaya Barat - Lampung Tengah, Telp. (HP) 082377881555 / 08996799444, Email redaksi@antariksanews.com.
Sabtu, 17 Juni 2017 - 19:09:17 WIB

Persiapan Arus Mudik, Dinas PU Lampung Tengah Perbaiki Jalan Di Rute Kece


Diposting oleh : Administrator
Kategori: Lampung Tengah - Dibaca: 18 kali

LAMTENG, ANTARIKSANEWS.COM--- Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Bina Marga Lampung Tengah (Lamteng) memastikan Rute KECe yang digulirkan Bupati Lamteng DR. Ir. Mustafa siap digunakan untuk mudik lebaran 2017. Dioperasikan H-7, Rute KECe ini diharapkan bisa mengatasi kemacetan saat musim mudik lebaran. 

 

Kepala Dinas PU Lamteng, Taufik Rahman mengatakan pihaknya telah melakukan perbaikan jalan yang kondisinya rusak maupun berlubang. Pemudik dari arah Bandar Lampung dapat melalui jalur lingkar barat, yakni masuk dari pertigaan pertamina Seputihjaya kekiri sampai tembus kampung poncowati, Kecamatan Terbanggibesar. 

 

"Di jalur ini sebagian jalan sudah rijid (pembangunan jalan beton semen) yang pastinya akan kuat hingga 10 tahun dan kami juga melakukan penimbunan lubang-lubang yang ada di jalan sekitar jalan pondok pesantren di mojoagung Seputihjaya. Bahkan materialnya sudah kami siapkan untuk penimbunan ulang hingga tiga kali," ujarnya, Sabtu, 17/6/2017.

 

Kemudian lanjut, Taufik, jalur alternatif kedua yakni di jalan Agusalim Bandarjaya belok ke kanan kemudian melintasi belakang masjid istiqlal Bandarjaya dan tembus di ledeng besar BRI Bandarjaya. Di jalur ini tepatnya di belakang Masjid Istiqlal Bandarjaya juga dilakukan pengaspalan jalan.

 

Selanjutnya bagi pemudik dari arah Kotabumi menuju bandarlampung dapat memilih jalur alternatif melalui jalan 2 Yukumjaya tepatnya di samping Alfamart Yukumjaya, kemudian keluar di pertigaan merapi dan tembus di jalan belakang hotel bunda Bandarjaya.

 

Ia menambahkan,  selain pembangunan dan perbaikan di jalur tersebut,  pihaknya juga melakukan pengaspalan dan perbaikan gorong-gorong di beberapa titik jalur alternatif,  seperti di kelurahan bandarjaya Timur. Totalnya sebanyak 3 km jalan pada jalur satu yakni Gunungsugih menuju Terbanggibesar. Kemudian 3,5 km pada jalur kedua yakni dari yukumjaya hingga Bandarjaya. 

 

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi di jalur mudik, agar tidak terjadi kemacetan di jalan lintas tengah,  khususnya lintas Gunubgsugih-Terbanggibesar maupun sebaliknya. "Kami harapkan kemacetannya terjadi bukan karena faktor jalan, namun benar-benar karena volume kendaraan yang meningkat, serta mengurangi angka kecelakaan saat mudik lebaran yang dikarenakan jalan yang berlubang," tuturnya. 

 

Taufik menjelaskan,  perbaikan ini juga untuk mengoptimalkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, khususnya para pemudik dengan memberikan kenyamanan saat melintasi jalur-jalur kece tersebut.  "H-7 Insyaallah jalur jalur alternatif ini sudah siap dilalui oleh para pemudik, baik dari arah pulau Jawa maupun dari arah Palembang.  Sehingga masyarakat khususnya para pemudik bisa nyaman dan merasa puas dengan kinerja kita,  dalam bidang pembangunan infrastruktur jalan," Ungkapnya. 

 

Pihaknya juga telah bekerjasama dengan panitia pembangunan jalan tol, jika masih terjadi kemacetan di jalur utama dan di jalur alternatif,  maka para pemudik dari arah Palembang dapat melintasi jalur tol yang masuk di jalan 8 Terbanggibesar dan keluar di samping pertamina Seputihjaya. 

 

Selain melakukan perbaikan dalam rangka mengatasi jalur mudik, Dinas PU Lamteng juga akan melakukan pembangunan secara permanen di tahun anggaran 2017 ini,  tepatnya di jalan mojoagung lingkar barat,  kemudian juga akan dilakukan pengkerasan rijid terutama di wilayah Bandarjaya,  yang merupakan pusat perkotaan Lampung Tengah. (Edy)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)