•  
Alamat Redaksi : Jl. Kelapa 7 Bandar Jaya Barat - Lampung Tengah, Telp. (HP) 082377881555 / 08996799444, Email redaksi@antariksanews.com.
Senin, 20 Februari 2017 - 17:47:43 WIB

Disdikbud Lamteng Miliki Strategi Khusus Untuk Majukan Mutu Pendidikan


Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 235 kali

LAMTENG, ANTARIKSANEWS.COM--- Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya tingkatkan mutu pendidikan sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Lamteng. Untuk menggapai Visi dan Misi tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lamteng memiliki strategi khusus yang dirangkai dalam bingkai yaitu “Pendidikan Lamteng Maju dan Unggul”.

Saat dikonfirmasi diruangannya, Senin (20/2) Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lamteng, Drs. A. Helmi,.MM mengatakan, setelah diterimanya Surat Keputusan (SK) Bupati sebagai Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Lamteng, dirinya secara cepat mensosialisasikan program yang telah disusun didalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Dinas Maupun program yang mendesak yang tidak masuk didalam DIPA, namun sangat memungkinkan untuk dilaksanakan.

“Setelah menerima SK, sebagai Plt. Kadisdikbud, saya bergerak cepat mensosialisasikan program tersebut. Dengan bergerak cepat, program unggulan tersebut diharapkan dapat berjalan seperti yang kita inginklan,”katanya.

Lanjutnya, adapun program yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 diantaranya, Bea Siswa Lampung Tengah Pintar, Bea Siswa bagi Mahasiswa yang berprestasi, insentif guru meningkat 100 persen khususnya guru honorer dan meningkatkan saran dan prasarana sekolah. “Untuk Bea Siswa Lampung Tengah Pintar, ini merupakan gagasan Bupati Lamteng Dr. Ir. Hi. Mustafa,.MH dimana bantuan ini dikhususkan bagi siswa SD dan SMP yang memiliki prestasi, namun memiliki keluarga kurang beruntung. Bea Siswa ini diberikan kepada siswa sebanyak 4.500 siswa dengan besaran sebesar Rp. 500.000.,” bebernya.

Selain itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lamteng juga mendukung program Bupati yaitu menjadikan Kampung Poncowati menjadi pusat kegiatan olahraga di Lamteng,”Untuk Program ini, Disdikbud akan melibatkan pelajar dan masyakarat umum untuk mensukseskan kegiatan olahraga dan seni pada Hari Pendindikan Nasional nanti,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Disdikbud juga akan mempermudah guru  didalam kenaikan pangkat. Disdikbud akan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Penilaian Angka Kredit (SIMPAK),” Kita akan menerapkan SIMPAK untuk mempermudah guru dalam mengurus kenaikankan pangkat, dimana guru dapat mengakses website Disdikbud Lamteng, sehingga guru tidak harus datang ke Dinas tingkat II, namun cukup mengakses dari rumah saja melalui internet,” ujarnya.

Disdikbud juga pada tahuin 2017 akan mendata sanggar seni yang ada di Lamteng, sebab, selama ini banyak sanggar seni yang belum terdata oleh Disdikbud,” pada tahun ini, kita kan mendata seluruh sanggar seni yang ada dilamteng untuk didata dan diberikan bimbingan dan pelatihan serta diberikan peralatan sanggar seperti alat seni kulintang,” ungkapnya.

Adapun program yang telah masuk dalam DIPA yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 diantaranya, peningkatan kompetensi guru, seleksi dan diklat calon kepala sekolah. Seleksi guru, pengawas, dan kepala sekolah berprestasi. Pembinaan sastra dan aksara lampung. Penyelenggaraan paket A, B, dan C. Penguatan kelembagaan PKBM. Pelatihan dan pementasan seni tari. Melaksanakan lomba O2sn, LFSN, UKS, Kaligrafi aksara Lampung, cerdas Cermat, PAI, budaya mutu sekolah. Pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) Dikdas.

Untuk sarana dan prasarana sekolah, dirinya meminta kepada seluruh kepala sekolah agar dapat mendaftarkan sekolah tersebut melalui Daftar Pokok Pendidikan (DAPODIK), sebab, jelasnya, pada tahun ini, bantuan sarana dan parasaran langsung dari pusat masuk kerekening sekolah,” Untuk Perbaikan (Rehap) maupun Ruang Kelas Baru (RKB) sekolah harus mendaftarkan Dapodiknya, dan menyisipkan apa yang yang diminta, seperti bantuan rehap dan RKB,” jelasnya.

Helmi juga berpesan kepada semua unsur Disdikbud mapun stick holder untuk bersama-sama membangun pendidikan di Lamteng sehingga menjadi maju, unggul dan bermartabat.” Saya meminta kepada seluruh unsur yang terlibat dalam dunia pendidikan Lamteng, agar bersama-sama menjadikan pendidikan Lamteng menjadi maju, unggul dan bermartabat,” pungkasnya. (Edy)

 

  



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)